Jelang Pertemuan BI, Rupiah Menguat

Kompas.com - 29/08/2013, 11:06 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mengalami penguatan pada Kamis (29/8/2013) pagi ini. Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.34 WIB, rupiah di pasar spot menguat 0,2 persen menjadi Rp 10.919 per dollar AS.

Sementara, jika dibandingkan di pasar non deliverable forwards (NDF), posisi rupiah lebih kuat 4,8 persen. Asal tahu saja, kontrak rupiah di pasar NDF untuk pengantaran satu bulan ke depan menguat 0,8 persen menjadi Rp 11.460 per dollar AS.

Penguatan rupiah dipicu oleh spekulasi investor bahwa bank sentral Indonesia akan meningkatkan suku bunga acuan pada pertemuan yang berlangsung hari ini untuk membahas mengenai kondisi ekonomi Indonesia.

"Pelaku pasar memprediksi adanya pengetatan kebijakan moneter untuk menunjukkan upaya Bank Indonesia mengembalikan kepercayaan pasar," jelas Mika Martumpal, head of treasury research and strategy PT Bank CIMB Niaga di Jakarta kepada Bloomberg.

Dia menambahkan, pasar belum akan merespon dengan cepat karena investor masih menunggu dampak kebijakan sebelumnya yakni kebijakan untuk menangani inflasi dan defisit neraca perdagangan. (Barratut Taqiyyah)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X