Gudang Garam Akui Ada Penurunan Produksi

Kompas.com - 16/09/2013, 12:43 WIB
Seorang pengendara motor melintas di kawasan pabrik rokok PT Gudang Garam, Tbk, Kediri, Jawa Timur. Kompas.com/ M. Agus Fauzul HakimSeorang pengendara motor melintas di kawasan pabrik rokok PT Gudang Garam, Tbk, Kediri, Jawa Timur.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KEDIRI, KOMPAS.com- Perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk mengakui adanya penyusutan jam kerja bagi para pekerja di bagian produksi sebagai dampak penurunan kinerja perusahaan.

“Penurunan produksi adalah satu hal yang wajar terjadi di semua perusahaan,” kata Yuki Prasetyo Adi, Kepala Bagian Humas PT Gudang Garam, Tbk, melalui pesan pendek yang diterima Kompas.com, Minggu (15/9/2013).

Sebelumnya, buruh borongan bagian linting dari perusahaan rokok skala nasional ini mengeluhkan adanya penyusutan jam kerja yang sangat panjang. Bahkan mereka sempat menggelar doa bersama dalam bentuk istigasah sebagai ekspresi keprihatinan terhadap kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan itu.

Jika hari normal, para buruh itu mengaku mendapat alokasi waktu kerja hingga mencapai 10 jam per hari. Upah yang mereka kantongi menyentuh Rp. 60.000. Namun sejak tiga bulan ini, mereka hanya bekerja selama 1 hingga 1,5 jam dengan hasil yang dikantongi hanya berkisar Rp. 9.000.

Atas kondisi ini, Yuki menambahkan, saat ini perusahaan tengah melakukan pemetaan permasalahan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan kebijakan yang mengarah pada pemulihan kondisi perusahaan.

“Perusahaan secepatnya segera melakukan evaluasi agar secepatnya terjadi proses recovering sehingga kondisi bisa segera normal kembali,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi tentang penyebab terjadinya penurunan produksi, Yuki enggan menjawabnya. Ia hanya menegaskan tidak adanya pemutusan hubungan kerja terhadap para pekerja. “ Kami tidak pernah menghentikan pekerja.” pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X