Upah Buruh di China Naik, Pengolahan Ikan Direlokasi ke RI

Kompas.com - 09/10/2013, 19:20 WIB
Ikan Black Cod leefishusa.comIkan Black Cod
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah menyatakan sudah ada beberapa investor asing yang merelokasi usaha pengolahan ikan Black Cod ke Indonesia, menyusul naiknya upah tenaga kerja di Vietnam, China dan Thailand.

Direktur Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut P Hutagalung mengatakan, dengan semakin mahalnya upah di China, Thailand, Vietnam, saat ini pabrik pengolahan Black Cod dialihkan di Surabaya dan Jakarta.

“Kita beri ijin tahun ini untuk impor Black Cod 1.000 ton di Jawa Timur, dan 1.000 ton di Jakarta,” kata Saut usai rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Rabu (9/10/2013).

Black Cod merupakan salah satu jenis species ikan yang tidak ditemukan di perairan Indonesia, dan hanya bisa diperoleh di Alaska. Untuk itu, kebijakan importasi wajar dilakukan. Terlebih lagi, ikan ini dipertuntukkan kebutuhan industri pengolahan.

“Saya pikir ini baik, karena menciptakan lapangan kerja. Jadi impor bisa dilakukan, karena pertimbangannya lapangan kerja terutama untuk industri. Karena ini direekspor maka devisa juga bertambah,” tuturnya lagi.

Sayangnya, Saut belum bisa menyebutkan angka pasti berapa yang sudah direekspor hingga semester pertama 2013. “Ini tahun pertama berjalan, baru mulai 2013, yang direekspor, saya belum tahu,” pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X