Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Foto Saja Mobil Murah yang Minum Premium

Kompas.com - 16/10/2013, 17:29 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah belum secara tegas memutuskan hukuman yang akan dijatuhkan kepada pemilik mobil murah yang mengisi tangki bahan bakarnya dengan premium atau bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ditemui di Trade Expo Indonesia ke-28, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada Rabu (16/10/2013), Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, masyarakat diminta untuk ikut mengawasi mobil-mobil murah itu, apakah menggunakan BBM bersubsidi atau tidak.

"Sanksi sosial saja bahwa dia merugikan masyarakat, untuk sementara itu dulu," jawab Hidayat, ketika ditanya sanksi apa yang patut diberikan untuk pengguna mobil murah yang mengisi tangki dengan BBM bersubsidi.

Bahkan Hidayat memiliki ide untuk memotret mobil-mobil murah yang mengisi premium di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU).

Selain meminta masyarakat untuk melakukan pengawasan, ia juga mengaku akan menggandeng operator SPBU untuk mengawasi.

"Nanti ada kerja sama dengan SPBU, kita juga membuat aturan," ujarnya. Ditanya kapan aturan itu dirampungkan, Hidayat hanya mengatakan secepatnya. Ia menambahkan, dengan aturan itu, diharapkan penyelewengan-penyelewengan BBM bersubsidi dapat diminimalisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com