Kurangi Kecelakaan dengan KA, Dahlan Desak Pemda Bangun "Underpass"

Kompas.com - 09/12/2013, 18:53 WIB
Pengguna jalan melintas di perlintasan kereta api di sekitar Pasar Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2013). Pertemuan lalu lintas dari empat arah di  pintu perlintasan itu menjadi penyebab kemacetan. Kondisi ini tentunya menyebabkan kawasan itu rawan kecelakaan yang melibatkan kereta api.
 
KOMPAS/WISNU WIDIANTOROPengguna jalan melintas di perlintasan kereta api di sekitar Pasar Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2013). Pertemuan lalu lintas dari empat arah di pintu perlintasan itu menjadi penyebab kemacetan. Kondisi ini tentunya menyebabkan kawasan itu rawan kecelakaan yang melibatkan kereta api.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mendesak agar segera dibangun jembatan bawah tanah (undepass) di bawah jalur kereta api yang sebidang dengan jalan raya.

Menurut Dahlan, sudah sejak dulu PT Kereta Api Indonesia mengusulkan kepada pemerintah daerah setempat agar membangun perlintasan tak sebidang. Selain alasan keselamatan, hal itu juga akan mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Ini juga agar pelayanan KRL lebih baik. Agar tiap 5 menit kereta bisa lewat dan mempersingkat headway. Sekarang kan tidak bisa," ujarnya Senin (9/12/2013).

Dalam kesempatan itu, dia menyatakan prihatin atas kecelakaan yang terjadi, yang membuat jatuhnya korban jiwa.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X