Dua Direktur BTN Mengundurkan Diri

Kompas.com - 11/12/2013, 17:43 WIB
Pelayanan nasabah BTN KONTAN/ BaihakiPelayanan nasabah BTN
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua orang direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dikabarkan mengundurkan diri setelah tak lolos uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI).

Dua orang direktur yang mengundurkan diri adalah Evi Firmansyah dan Saut Pardede. Selain itu, BI juga belum menyetujui dua direksi BTN lainnya, yakni Mas Guntur Dwi S dan Poernomo.

"Benar, empat orang direktur tak lolos fit and proper test. Masalah fit and proper test itu wewenang BI," kata Direktur Utama BTN Maryono ketika dihubungi wartawan, Rabu (11/12/2013).

Dalam keterangan resmi pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), menindaklanjuti hasil fit and proper test, terhitung sejak 6 Desember 2013 Evi dan Saut tidak dapat melanjutkan tugasnya sebagai anggota direksi perseroan. Di samping itu, BI belum dapat menyetujui Guntur dan Poernomo sebagai direktur perseroan.

Lebih lanjut, Maryono menjelaskan, tindakan berikutnya yang diambil perseroan adalah pihaknya akan mengusulkan kepada pemegang saham pengendali untuk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dalam waktu dekat.

Selama menunggu RUPSLB tersebut, lanjutnya, perseroan akan tetap beroperasi dengan tiga orang direksi. Berdasarkan hasil fit and proper test tersebut, maka sejak tanggal 6 Desember 2013 anggota direksi yang berwenang melakukan tindakan sebagai anggota direksi perseroan adalah Maryono sebagai Direktur Utama, Irman A Zahiruddin sebagai Direktur, dan Mansyur S Nasution sebagai Direktur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X