Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Akan Tambah 10 SPBG di Jabodetabek dan Jawa Timur

Kompas.com - 23/12/2013, 13:14 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) akan menambah 10 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dan 7 mobile refueling unit (MRU) untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, ditemui di Terminal BBM Pertamina Plumpang, Senin (23/12/2013), menuturkan, sepanjang tahun ini Pertamina sedianya telah menambah dua SPBG online di Jakarta, dua SPBG yang terintegrasi di SPBU Eco Station, dan empat MRU, dengan dua di antaranya masih dalam pengiriman.

"MRU-nya belum beroperasi karena kami masih mengurus perizinannya," kata Ali. Dengan demikian, total SPBG yang dimiliki Pertamina secara nasional adalah 20 unit. SPBG tersebut tersebar di Jabodetabek, Palembang, dan Surabaya.

Sebagai informasi, konversi penggunaan BBM ke BBG merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban impor. Pemprov DKI Jakarta berencana untuk mendatangkan alat transportasi publik berbahan bakar gas.

Pada Desember ini, akan datang 310 transjakarta dan 346 bus sedang berbahan bakar gas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku optimistis bahwa kebutuhan bahan bakar gas untuk ratusan bus rakitan China dan Malang tersebut dapat terpenuhi.

"Makanya, kami tidak peduli. Ada atau tidak ada gas, yang penting busnya ada dan kita tetap akan beli bus," kata Basuki di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com