Soal Merger SCTV-Indosiar, SCMA Gugat Ditjen Pajak

Kompas.com - 16/01/2014, 14:08 WIB
Ditjen Pajak KOMPAS/RIZA FATHONIDitjen Pajak
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) menyatakan Direktorat Jenderal Pajak tidak menolak proses merger antara SCTV dan Indosiar, melainkan menolak buku yang digunakan untuk acuan merger.

Hal ini sekaligus meluruskan berita sebelumnya yang menyatakan merger dua stasiun televisi tersebut tidak direstui otoritas pajak.

Dalam keterangan resminya kepada otoritas bursa, Direktur Utama Surya Citra Media Sutanto Hartono menjelaskan yang diminta oleh otoritas pajak terkait merger SCTV dan Indosiar adalah laporan keuangan terakhir dan bukan hitungan nilai buku.

Sejauh ini, perseroan telah mendapatkan persetujuan merger oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Hukum dan HAM.

"Sesuai dengan peraturan perpajakan, oleh karena direktorat jenderal pajak tidak menerbitkn keputusan sampai dengan tanggal 28 November, maka permohonan SCMA dengan sendirinya telah dikabulkan," jelasnya.

Namun pada 13 Desember, Ditjen pajak menerbitkan surat keputusan yang menyatakan permohonan SCMA tidak memenuhi syarat formal.

Terkait dengan permintaan otoritas pajak tersebut, SCMA mengajukan gugatan ke Ditjen Pajak guna melindungi hak-hak perseroan dan kepentingan pemangku kepentingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X