OJK Imbau Perusahaan Pembiayaan Bersedia Biayai UMKM

Kompas.com - 28/01/2014, 14:16 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan mengimbau agar perusahaan pembiayaan dapat memperluas usahanya. Apabila saat ini hanya membiayai kendaraan bermotor dan elektronik, multifinance dapat pula membiayai usaha kecil menengah (UKM).

"Kita ingin agar masalah permodalan dinaikkan, itu masih didiskusikan. Terutama pada bidang bisnis, karena selama ini hanya pembiayaan automobil, elektronik, ada yang main di alat berat, pesawat. Tapi kita ingin diperluas lagi agar dia bisa main seperti pembiayaan UKM," kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Firdaus Djaelani di Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Firdaus mengatakan saat ini banyak UKM yang mengajukan pembiayaan. Nantinya tidak menutup kemungkinan perusahaan pembiayaan dapat memberikan pembiayaan bagi para pelaku UKM. Selain itu, Firdaus menjelaskan perluasan usaha tersebut dilakukan juga karena nantinya bank akan mengurangi jumlah kantor cabang.

"Karena perbankan ke depan juga mengurangi kantor cabang. Ada program, jadi perusahaan pembiayaan ini bisa menjadi alat untuk bagaimana dana-dana perbankan bisa disalurkan melalui perusahaan pembiayaan," ujarnya.

Firdaus menyampaikan pihaknya pun mengimbau agar perusahaan pembiayaan lebih mudah menerbitkan obligasi. Ini akan dilakukan bersamaan dengan revisi investasi perusahaan asuransi, dana pensiun, agar dapat membeli surat utang atau corporate bond oleh perusahaan-perusahaan pembiayaan.

"Sehingga nantinya bisa menjadi sumber pembiayaan, dana-dana jangka panjang yang bisa disalurkan ke perusahaan pembiayaan," kata Firdaus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X