Kadin: Perbaikan Ekonomi RI Didorong Faktor Eksternal

Kompas.com - 26/02/2014, 22:03 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto ESTU SURYOWATIKetua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Suryo Bambang Sulisto memandang, situasi ekonomi Indonesia cukup baik. Namun, ia menilai, masih banyak tantangan dan hambatan yang menghantui perekonomian Indonesia.

"Kita cukup optimis perkembangan ekonomi menunjukkan gejala yang menggembirakan. Rupiah menguat, surplus neraca perdagangan, defisit transaksi berjalan terkendali, cadangan devisa pun naik. Sulit mengatakan perbaikan tersebut tren sampai akhir 2014. Perbaikan lebih didorong dari sisi eksternal," kata Suryo di Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Suryo mengatakan, perbaikan dari sisi internal belum banyak terlihat perubahan struktural. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan segera dihadapi, namun masih banyak hal yang menjadi tantangan dan hambatan bagi perekonomian Indonesia, khususnya bagi dunia usaha.

"Menghadapi MEA bagaimana dengan bunga yang masih tinggi? Tantangan lain dengan adanya bencana alam banyak infrastruktur yang rusak. Selain itu ada kenaikan biaya listrik dan upah minimum berdampak pada biaya produksi dunia usaha. Bagaimana dengan lapangan kerja yang harus diciptakan? Banyak pencari kerja yang harus disediakan pekerjaan," ujar Suryo.

Di tahun 2014 ini Suryo mengaku dunia usaha tidak berharap banyak kebijakan yang diterbitkan. Hal yang terpenting adalah bagaimana investasi tetap masuk ke Indonesia tanpa ada gangguan.

"Kita ingin kondisi berusaha yang ramah. Suku bunga kalau bisa lebih rendah. Masalah infrastruktur banyak yang diperlukan tapi kita sadari pendanaan infratsruktur terbatas. Itu akibat subsidi BBM yang sangat besar. Perlu keberanian pemerintah untuk merealokasi subsidi," jelas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X