Saham Anjlok, Herbalife Hadapi Penyelidikan Komisi Perdagangan Federal Amerika

Kompas.com - 13/03/2014, 09:18 WIB
Laman resmi Herbalife Amerika Serikat. Gambar dicuplik Kamis (13/3/2014). www.herbalife.comLaman resmi Herbalife Amerika Serikat. Gambar dicuplik Kamis (13/3/2014).
|
EditorPalupi Annisa Auliani

OREGON, KOMPAS.com - Herbalife Ltd mengakui tengah menghadapi penyelidikan Komisi Perdagangan Federal (FTC), Rabu (12/3/2014). Penyelidikan ini menyusul anjloknya harga saham perusahaan nutrisi dan suplemen ini hingga lebih dari 12 persen setelah penghentian singkat perdagangan.

Herbalife mengatakan mereka menerima permintaan investigasi sipil dari FTC, Rabum Situs FTC mengatakan mereka menyelidiki kemungkinan tindakan atau praktik tak adil maupun menipu dari perusahaan ini.

Herbalife saat ini juga sedang menghadapi tuduhan penggunaan skema piramida dalam menjalankan bisnisnya. Menyikapi penyelidikan FTC ini, perusahaan mengatakan siap menyambutnya termasuk menyikapi sejumlah besar informasi yang salah di pasar tentang bisnis mereka.

Menurut Herbalife, perusahaan mereka bergerak sesuai aturan hukum dan peraturan. Karenanya mereka menyatakan akan bekerja sama penuh menghadapi penyelidikan ini.

Herbalife adalah perusahaan yang didirikan di Kepulauan Cayman dengan basis perusahaan di Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka menggunakan jaringan distributor untuk menjual suplemen gizi dan produk penurun berat badan di tataran global.

Penyelidikan FTC digelar hanya sehari setelah manajer hedge-fund William Ackman memperbarui gugatan terhadap perusahaan ini. Ackman menantang perusahaan dengan menyatakan berulang kali bahwa Herbalife menggunakan skema piramida dalam menjalankan bisnisnya.

Skema piramida adalah istilah bisnis yang merujuk pada praktik sebuah perusahaan yang menghasilkan sejumlah uang dengan merekrut tenaga penjual baru alih-alih berbasis penjualan produk.

Ackman, Chief Pershing Square Capital Management, menggelar acara publik pada Selasa (11/3/2014), mengungkap bagaimana praktik Herbalife menggunakan skema piramida di China dan melanggar peraturan-perudangan setempat. Pershing menolak berkomentar soal penyelidikan yang dibuka FTC atas Herbalife, Rabu.

Adapun Herbalife berulang kali membantah klaim yang ditujukan pada praktik dagang perusahaannya itu. Meski demikian, harga saham Herbalife jatuh 3,81 dollar AS per lembar atau turun 5,8 persen ke 61,58 dollar AS per lembar, pada perdagangan tengah Rabu, setelah sebelumnya juga sempat terpuruk ke level 54,59 dollar AS per lembar. Sepanjang 2014, saham Herbalife sudah anjlok 17 persen, per Selasa (11/3/2014).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X