Kompas.com - 21/05/2014, 07:28 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com -Harga minyak AS turun tipis pada Selasa (20/5/2014) waktu setempat (Rabu pagi WIB), karena pasar memperkirakan produksi minyak mentah yang kuat di Amerika Serikat akan mendorong persediaan lebih tinggi.

Minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI)  untuk pengiriman Juni bergerak turun 17 sen menjadi ditutup di 102,44 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli naik 32 sen menjadi menetap pada 109,69 dollar AS per barel di perdagangan London.

Badan Informasi Energi (EIA) AS dijadwalkan akan merilis laporan tentang produksi minyak mentah AS dan persediaan minggu lalu pada Rabu waktu setempat. Pasar sedang menunggu data Rabu.

Perkembangan teknologi telah membuka pasokan-pasokan dari formasi serpih (shale) di AS. Para analis memperkirakan bahwa produksi minyak mentah AS minggu lalu naik mendekati rekor, dan persediaan minyak mentah kemungkinan naik 250.000 barel menjadi 398,8 juta barel.

Minyak Brent naik untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir karena kerusuhan di Libya. Sebuah lonjakan dramatis dalam konfrontasi di dua kota terbesar Libya telah membawa negara itu ke jurang perang saudara antara milisi-milisi yang bersaing.

Para analis menyatakan bahwa Libya berada tepat di depan pintu Eropa dan memiliki dampak yang lebih besar pada harga Brent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP/ANTARA


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.