Mudik dengan Kereta Api, Sepeda Motor Diangkut Gratis

Kompas.com - 24/06/2014, 16:13 WIB
Ribuan pemudik bermotor memadati Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (27/8/2011), saat menunggu giliran naik kapal feri yang akan membawa mereka menyeberang ke Bakaheuni, Lampung. | KOMPAS/IWAN SETIYAWAN KOMPAS/IWAN SETIYAWANRibuan pemudik bermotor memadati Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (27/8/2011), saat menunggu giliran naik kapal feri yang akan membawa mereka menyeberang ke Bakaheuni, Lampung. | KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengurangi jumlah kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan menyediakan angkutan kereta api. Sehingga, pemudik sepeda motor dapat menggunakan moda transportasi yang disediakan pemerintah tersebut.

Menurut Menteri Perhubungan EE Mangindaan, selama ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor sangat banyak. Di Jakarta saja, terdapat sekitar 1,1 juta sepeda motor yang digunakan oleh pemudik.

"Seluruh Indonesia kami hitung 2.237.000 (sepeda motor) setelah rapat dengan daerah. Pengalaman selama ini kecelakaan yang terjadi 70 persen yang sepeda motor," kata Mangindaan di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (24/6/2014).

Terkait dengan kondisi itu, pemerintah akan mengangkut para pemudik sepeda motor dengan menggunakan kereta api. PT KAI saat ini telah menyediakan 2 rangkaian kereta untuk mengangkut para pemudik tersebut.

"Yang mau naik kereta api silakan, meskipun penumpangnya bayar, motornya gratis. Kita siapkan gerbong untuk mengangkut sepeda motor," ujar Mangindaan.

Lebih lanjut, Mangindaan pun mengungkapkan pemerintah juga telah menyediakan fasilitas kapal untuk mengangkut para pemudik sepeda motor.

Selain itu, pemerintah juga bekerjasama dengan dealer sepeda motor untuk mengangkut para pemudik. "Mereka siapkan kendaraan yang mengangkut sepeda motor. Orangnya kita naikkan di bus. Sekarang sekitar 20.000 pemudik yang sudah mendaftar, kita siapkan sampai 40.000," jelasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.