Uang Beredar Selama Ramadhan dan Lebaran Diprediksi Capai Rp 580,3 Triliun

Kompas.com - 27/06/2014, 09:34 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi uang kartal yang diedarkan (UYD) selama periode bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun ini mencapai Rp 580,3 triliun. Jumlah ini meningkat 14,5 persen dibandingkan Rp 506,6 triliun pada tahun 2013 lalu.

"Dengan memperhatikan realisasi UYD Idul Fitri beberapa tahun sebelumnya, UYD Idul Fitri 2014 diperkirakan sebesar Rp 580,3 triliun. UYD tahun ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2013," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan di kantornya, Kamis (26/6/2014).

Di samping itu, bank sentral mencatat posisi UYD per tanggal 23 Juni 2014 sebesar Rp 453,1 triliun. Dari posisi UYD tersebut, sebagian besar uang kartal dipegang oleh masyarakat (currency outside bank atau COB) mencapai Rp 385,2 triliun (pangsa 85 persen). Sisanya sebesar Rp 67,9 triliun (pangsa 15 persen) berada di khazanah perbankan (cash in vault atau CIV).

Menurut Lambok, BI akan berkoordinasi dengan perbankan dalam pemenuhan kebutuhan uang sebelum dan selama periode Ramadhan atau Idul Fitri. Perbankan diminta menyampaikan estimasi kebutuhan uang untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri, baik untuk kebutuhan operasional maupun untuk modal kerja loket penukaran di perbankan.

"Pemenuhan kebutuhan bank dimulai sejak satu minggu sebelum bulan Ramadhan, sehingga pada awal Ramadhan diharapkan bank telah siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan atau Idul Fitri baik di kantor pusat bank maupun di seluruh kantor cabangnya," ujar Lambok.

Lebih lanjut, Lambok menegaskan persediaan uang tunai BI mencukupi kebutuhan masyarakat dan atau perbankan terhadap uang tunai periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2014.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X