Dua Perusahaan Tambang Ini Sudah Bisa Ekspor Mineral

Kompas.com - 27/06/2014, 19:21 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan rekomendasi ekspor atau Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk dua perusahaan tambang, yaitu PT Lumbung Mineral Sentosa, dan PT Sebuku Iron Lateritic Ores (Sebuku).

“Lumbung akan mengekspor konsentrat timbal sebanyak 8.697 ton, dan konsentrat zinc sebesar 5.839 ton,” ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Bachrul Chairi, kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Sayangnya, Bachrul tidak memiliki angka berapa konsentrat Sebuku yang akan diekspor. Setelah mengantongi SPE dari Kemendag, perusahaan tambang baru bisa melakukan ekspor. Perusahaan lain dipastikan belum bisa ekspor, meski sudah mendapat rekomendasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelumnya, Kementerian ESDM, menyatakan sudah mengeluarkan rekomendasi ekspor untuk lima perusahaan tambang. Kelima perusahaan tambang tersebut adalah, PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO), PT Lumbung Mineral Sentosa, PT Damar Narmada Bakti, PT Freeport Indonesia, dan PT Newmont Nusa Tenggara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.