Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GMF Ditetapkan sebagai Pusat Pelatihan Airbus

Kompas.com - 15/07/2014, 17:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GMF AeroAsia berhasil menjadi pusat pelatihan Airbus, seiring dengan telah dilewatinya proses audit oleh European Aviation Safety Agency (EASA) selaku otoritas penerbangan sipil Eropa.

Dalam hal ini, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk itu menjadi pusat pelatihan Airbus pertama di dunia di luar Airbus, yakni Airbus Remote Training Center (ARTC), pusat pelatihan Airbus. Kepastian lulus ini diambil setelah auditor EASA, Dominique Lissandres tidak mendapati temuan selama audit di GMF pada 1-4 Juli 2014.

“EASA akan memberikan persetujuan secara resmi kepada Airbus untuk memasukan GMF sebagai ARTC,” kata Direktur Human Capital and Corporate Affairs GMF, Harkandri M Dahler dalam keterangan resminya, Selasa (15/7/2014).

Audit kesiapan GMF menjadi ARTC ini dilakukan bersamaan dengan audit tahunan Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) 147 EASA. Dalam audit ini, GMF mengajukan penambahan rating untuk pelatihan training tipe pesawat B747-400.

Penambahan rating dilakukan seiring dengan pengembangan kapabilitas GMF dalam perawatan pesawat sekaligus menjawab kebutuhan pasar.

Audit tahunan ini dilakukan untuk memastikan GMF mematuhi ketentuan regulasi dan prosedur yang ditetapkan EASA, sehingga sertifikat approval EASA yang sudah dimiliki oleh GMF dapat diperpanjang.

Selama pemeriksaan, auditor EASA melakukan inspeksi terhadap fasilitas GMF Learning Services seperti ruang kelas EASA, ruang kelas ARTC, ruang ujian, dan ruang record training. “Auditor ingin memastikan proses di GMF sama dengan yang dijalankan di training center Airbus,” lanjutnya.

Seiring dengan itu, GMF dapat memberikan pelatihan sesuai standar Airbus, terutama untuk pesawat jenis A320 dan A330.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com