Perpres Izin Usaha Mikro Keluar Awal September

Kompas.com - 20/08/2014, 14:03 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung. Icha RastikaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, penyederhanaan perizinan atau simplifikasi izin satu lembar bagi usaha mikro akan disahkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

Saat ini, pembahasan simplifikasi izin usaha mikro sudah selesai di tingkat koordinasi Kementerian Bidang Perekonomian.

"Dalam waktu tidak terlalu lama setelah sidang kabinet, atau awal September peraturan tentang penyederhanaan perizinan usaha mikro akan dikeluarkan dalam bentuk Perpres," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Inti dari Perpres simplifikasi perizinan ini adalah memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi usaha mikro. Selain itu, dengan payung Perpres, usaha mikro bakal mendapatkan pendampingan dari institusi terkait dan akses ke perbankan.

Selama ini, Chairul menjelaskan, usaha mikro kesulitan mendapatkan akses ke perbankan. "Dengan mendapat perizinan ini, nanti mereka bisa langsung membuka akun dan bisa mengakses KUR yang diinisiasi perbankan dan Lembaga Keuangan Non-Bank," ujar dia.

Selain pendampingan, usaha mikro juga akan mendapatkan akses pemberdayaan yang dibentuk pemerintah. "Usaha mikro apply dan mendapat izin ini, dapat insentif," ujar dia.

Saat ini, Chairul melanjutkan, Perpres sudah akan masuk tahap harmonisasi, akhir bulan diharapkan proses ini selesai. Dengan dikeluarkannya Perpres tersebut, Mendagri akan mengundang Gubernur dan Wali Kota untuk sosialisasi Perpres tersebut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X