Kompas.com - 28/08/2014, 08:12 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapor merah bagi kinerja PT Bakrie Development Tbk (ELTY). Laba bersih emiten properti milik Grup Bakrie ini saat semester I-2014 anjlok 84 persen year on year.

Mengacu laporan keuangan perusahaan yang dirilis kemarin, laba bersih ELTY tercatat Rp 111,37 miliar dibandingkan perolehan Rp 707,76 miliar pada akhir Juni 2013.

Laba ELTY tergerus tajam lantaran pendapatan perusahaan tertekan. Pendapatan ELTY tercatat sebesar Rp 1,13 triliun, susut 51 persen year on year dari Rp 2,32 triliun.

Penurunan pendapatan tersebut alhasil tak bisa menambah untung meski perusahaan properti milik Grup Bakrie ini berefisiensi menggerus beban dan biaya. Misalnya, beban pokok penghasilan turun 25 persen menjadi Rp 637,64.

Lantaran penurunan pendapatan lebih besar, rasio beban terhadap pendapatan lebih besar, yaitu 56 persen. Padahal, pada semester I tahun lalu, rasio beban pokok terhadap pendapatan hanya 37 persen.

Tekanan tersebut pada akhirnya membuat marjin laba bersih ELTY susut menjadi 10 persen dari sebelumnya 30 persen. (Dityasa H Forddanta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.