Dalam Sebulan Ini Dollar AS Menguat, Euro Paling Terkulai

Kompas.com - 31/08/2014, 11:41 WIB
EditorErlangga Djumena


NEW YORK, KOMPAS.com -
Agustus menjadi bulan kedua berturut-turut bagi dollar Amerika Serikat (AS) menunjukkan kekuatannya. Dollar AS kembali diburu di tengah spekulasi bank sentral Federal Reserve makin dekat dengan kebijakan menaikkan suku bunga. 

Sementara itu, Uni Eropa dan Jepang masih akan diguyur stimulus. Alhasil, dollar AS berada di level terkuat dalam setahun terakhir terhadap mata uang euro yang digunakan 18 negara Uni Eropa. 

Departemen Tenaga Kerja AS diperkirakan mengumumkan tenaga kerja bertambah 225.000 bulan Agustus, dan menjadi penambah sinyal penguatan ekonomi AS. 

"Dalam beberapa pekan terakhir, dollar AS terlihat paling menguat terhadap euro dan sedikit terhadap yen," kata Vassili Serebiakov, Strategist Foreign Exchange di BNP Paribas SA. 

Bloomberg Dollar Spot Index yang menyusuri pergerakan greenback terhadap 10 kurs utama dunia, naik 0,7 persen ke 1.029,48 sepanjang bulan Agustus. (Sanny Cicilia)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.