Kompas.com - 04/09/2014, 10:46 WIB
EditorErlangga Djumena


DAVOS, KOMPAS.com -
Swiss masih merajai peringkat negara dengan daya saing tertinggi di dunia. Menurut laporan The Global Competitiveness Report 2014-2015 keluaran World Economic Forum, Swiss dan Singapura bertahan di peringkat pertama dan kedua daftar ini.

Posisi daya saing Amerika Serikat membaik dalam dua tahun berturut-turut dan kini di peringkat ketiga.

Tiap tahun, WEF merilis nilai negara berdasarkan 12 faktor. Faktor-faktor ini misalnya infrastruktur, pendidikan dan pelatihan, efisiensi pasar tenaga kerja, kesiapan teknologi dan inovasi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan gambaran yang bisa diperbandingkan dalam hal daya saing, produktivitas dan kesejahteraan di 144 negara.

Pada daftar ini, Indonesia berada di peringkat 34, naik empat peringkat dari peringkat 38 tahun lalu. Tapi, tahun lalu ada 148 negara yang masuk hitungan WEF. Indonesia mendapat skor 4,57 dari kisaran skor 1-7.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dengan Singapura, Malaysia dan bahkan Thailand yang sedang dalam pemulihan dari kisruh politik. Bahkan, Thailand naik hingga enam peringkat ke posisi 31. (Wahyu Tri Rahmawati)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.