Mulai Tahun Depan, Subsidi KA Ekonomi Jarak Jauh Dialihkan ke KRL

Kompas.com - 23/09/2014, 17:01 WIB
Ilustrasi. KOMPAS/HENDRA A SETYAWANIlustrasi.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian berencana mengalihkan subsidi kereta jarak jauh ke kereta komuter. Jika rencana terealisasi, maka dipastikan harga tiket KA jarak jauh akan naik tahun depan dan penumpang perlu merogoh kocek lebih dalam.

"Ada potensi untuk menghilangkan subsidi jarak jauh dan memindahkannya ke kereta komuter. Pertimbangan sudah ada," ujar Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Joyce Hutajulu saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Kemenhub menilai bahwa pemberian Public Obligation Service (PSO) atau subsidi ke kereta jarak jauh tidak tepat. Pasalnya, kereta jarak jauh tersebut tidak selalu ramai penumpang setiap harinya. Bahkan banyak kereta api jarak jauh yang tidak bisa menyerap anggaran PS0 dan mengembalikannya ke pemerintah.

Atas dasar itu, Ditjen Perkeretaapian menilai bahwa kereta komuter sangat digemari masyarakat karena ramai penumpang setiap hari. Namun menurut Joyce, pengalihan subsidi tersebut tidak serta merta menurunkan harga tiket kereta komuter. Pengalihan tersebut bisa berupa peningkatan fasilitas kereta komuter seperti jumlah kursi atau gerbong yang ditambah dan jumlah frekuensi kereta komuter yang diperbanyak.

Di sisi lain, kebijakan tersebut juga akan tetap tergantung dari jumlah PSO yang disepati pemerintah dan DPR nantinya dalam APBN 2015.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X