Kompas.com - 29/09/2014, 19:34 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengatakan, pemerintah telah menganggarkan cadangan perlindungan sosial untuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp 10 triliun.

Anggaran tersebut sebagai upaya antisipasi bila harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan. Chatib mengungkapkan, dana antisipasi sebesar Rp 10 triliun tersebut dapat disalurkan sebagai BLSM selama 6 bulan.

"Itu total, yang Rp 5 triliun kita sudah anggarkan di APBNP 2014, dan Rp 5 triliun lagi kita anggarkan di RAPBN 2015," kata Chatib dalam konferensi pers RAPBN 2015 di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Senin (29/9/2014).

Chatib menjelaskan, dana yang sudah dianggarkan dalam APBNP 2014 dapat digunakan untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM bersubsidi pada bulan Oktober, November, maupun Desember. Adapun dana yang dianggarkan di RAPBN 2015 dapat digunakan bila kenaikan dilakukan di tahun depan.

Dengan telah dianggarkannya cadangan perlindungan sosial tersebut, ujar Chatib, tidak ada alasan lagi pada pemerintahan baru untuk menaikkan harga BBM tanpa harus mengajukan kembali dana BLSM kepada DPR RI.

"Ini penting. Di pasal baru kalau mau menaikkan harga BBM, pemerintah tidak perlu izin DPR. Tidak seperti waktu kemarin menaikkan BBM dari Rp 4.500 ke Rp 6.500 itu saya ke DPR hanya untuk mendapatkan persetujuan soal BLSM," jelas lulusan Australia National University itu.

Chatib memaparkan, dana BLSM yang mencapai Rp 5 triliun tersebut akan mampu melindungi masyarakat Indonesia dari potensi meningkatnya angka kemiskinan selama 3 bulan. "BLSM itu juga lebih besar dari BLSM saat menaikkan harga BBM sebelumnya. Jadi kalau mau naik Rp 3000 per liter saya pikir sudah cukup," sebut Chatib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.