Dukung Investasi Asing, BPH Migas Usul Harga BBM Bersubsidi Naik Rp 4.000

Kompas.com - 01/10/2014, 19:57 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala BPH Migas Andi Norsaman Sommeng mengatakan, kenaikan harga BBM Rp 4.000 akan sangat menguntungkan Indonesia. Pasalnya investasi asing di sektor hilir migas yaitu pembangunan SPBU asing akan semakin banyak.

"Pertamina sudah kewalahan, tidak gampang mengelola SPBU dari Sabang sampai Merauke," ujar Sommeng di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (1/9/2014).

Someng menjelaskan, akibat subsidi yang diberikan pemerintah untuk BBM, banyak SPBU asing yang akhrinya tutup. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena SBPU asing kalah bersaing dengan SPBU Pertamina yang menjual BBM lebih murah dari yang dijual oleh Perusahaan minyak asing.

Untuk itu, dia mendukung perusahaan seperti Shell, Petronas dan Total memperbanyak SPBU di Indonesia. Pasalnya, dengan begitu maka masyarakat akan membeli BBM dari SPBU asing yang BBM-nya didapat dari perusahaan asing tersebut. Dampaknya menurut dia, Pertamina akan banyak memiliki stok BBM.

"Makin banyak penyimpanan kan bagus. Pertamina kan (perusahaan) besar jadi bisa bersaing," kata dia.

Sementara saat ditanya mengapa tidak membuat kilang-kilang baru untuk meningkatkan produksi minyak, Sommeng malah mempertanyakan apakah dana untuk merealisasikan hal tersebut ada atau tidak.

"Bangun kilang kita ada duit enggak?, kalau ada kilang terus yang menyuplai crude ada enggak ?," tanya kepala BPH Migas tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.