Tahun Depan, Beri Perhatian Lebih Pada Emiten Konsumer

Kompas.com - 13/10/2014, 22:59 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan akan menjadi tahun yang berat bagi sektor properti dan layanan finansial. Karena itu, masyarakat bisa memberikan perhatian lebih bagi emiten yang lebih stabil di pasar saham, misalnya perusahaan media, barang konsumsi, dan telekomunikasi.

Director Chief Investment Officer Eastspring Investment, Ari Pitojo mengatakan kondisi perekonomian di tahun depan dinilai cukup berat, dengan indikator antara lain rencana pemerintah mengurangi subsidi bagi bahan bakar minyak (BBM).

"Dalam berapa kali periode kenaikan BBM, sektor yang paling kena adalah properti dan financial services. Kalau dari charts, average properti paling turun, otomotif, dan financial services," ujar Ari, Senin (13/10/2014).

Menurut Ari, turunnya kinerja sektor properti, otomotif, dan layanan keuangan merupakan hal wajar. Namun, manajemen investasi seperti Eastpring Investment perlu berhati-hati dalam menghadapi hal tersebut. Terutama, dalam mengalokasikan asetnya.

"Kalau daya beli Anda berkurang, apa yang Anda kurangi lebih dulu, kredit kan? Anda akan lebih mengutamakan kebutuhan dasar. Wajar kalau yang lebih baik adalah sektor konsumer karena toh Anda harus mandi, harus makan," terang Ari.

Dia berujar, bidang-bidang seperti telekomunikasi, media, dan barang-barang konsumsi cenderung lebih bertahan dan lebih sedikit tergerus dibandingkan perusahaan properti, dan otomotif. Menurut Ari, masyarakat akan menunda pembelian yang dirasa tidak mendesak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.