"Si Supercepat" Mulai Pelajari Profil Calon Pengganti Jonan

Kompas.com - 27/10/2014, 18:45 WIB
Estu Suryowati <suryowati88@gmail.com> Estu Suryowati
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak salah jika Presiden Joko Widodo menyebut Rini Mariani Soemarno sebagai "Si Supercepat" yang lincah. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang baru saja diambil sumpah jabatannya pada hari ini tersebut langsung "tancap gas" memilih figur-figur yang bakal menjadi pucuk pimpinan di BUMN.

"Untuk PT KAI (Persero), saya meminta (profil) background direksi yang ada. Nanti malam saya akan pelajari," ungkap Rini kepada wartawan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Sebagaimana diketahui, Ignasius Jonan, perombak perkeretaapian nasional, dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perhubungan. Selain Jonan, ada tiga perusahaan pelat merah lagi yang terpaksa kehilangan pucuk pimpinannya lantaran dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri di kabinetnya.

Rini menuturkan, dari ketiganya, dia berharap PT KAI (Persero) adalah perusahaan BUMN yang pertama segera menemukan direktur utama. Dia berharap proses pengangkatan dirut PT KAI (Persero) bisa dilakukan secepatnya.

"Mengingat itu adalah transportasi publik di mana keamanan menjadi nomor satu, tentunya (keberadaan) dirut menjadi sangat penting di sana yang menjadi penanggung jawab keamanan masyarakat," ujar Rini.

Selain Jonan, Rini juga memiliki pekerjaan rumah untuk menyeleksi pengganti Arief Yahya sebagai Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero), serta pengganti Sudirman Said sebagai Direktur Utama PT Pindad (Persero). "Jadi, tiga posisi yang memang harus dianalisis," kata Rini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X