OJK Minta J Trust Tingkatkan CAR Bank Mutiara

Kompas.com - 13/11/2014, 10:01 WIB
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad
KOMPAS/ALIF ICHWANKepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad
Penulis Tabita Diela
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta  J Trust Co. Ltd, selaku pemegang saham utama Bank Mutiara, untuk meningkatkan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR)  bank eks Century tersebut hingga lebih dari 14 persen.

"Tentu saja banyak komitmennya. Karena kita ingin mereka harus bermanfaat bagi perekonomian nasional. Saya kira bottom line-nya seperti itu. Kita ingin mereka meningkatkan CAR, kita ingin mereka meningkatkan modal, kita ingin mereka meningkatkan likuiditas," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad ketika ditemui di Jakarta, Rabu (12/11/2014) malam.

Peningkatan CAR tersebut, menurut Muliaman antara lain dengan menambah modal Bank Mutiara dari perusahaan investasi asal Jepang tersebut.  "Jadi kita minta ada suntikan baru. Kita ingin juga tidak boleh dijual lagi dalam waktu 10 tahun minimal," kata Muliaman.

Meski demikian, Muliaman mengaku belum bisa memberikan besaran dana yang harus ditambah J Trust.  "Nanti dilihat setelah mereka rapat, akan konsultasi dengan pengamat. Intinya CAR harus 14 persen. Harus secepatnya. Kita kasih waktu tentu saja karena perlu persiapan. Tapi dalam waktu tiga tahun harus terpenuhi semuanya," ujarnya.

OJK juga berharap J Trust memenuhi kesepakatan awal  pembelian saham mayoritas Bank Mutiara. "Ya, pokoknya (likuiditas) ditambah. Ditambah modal kan likuiditas juga naik. Memperbaiki NPL juga saya kita itu bagian dari kesepakatan," tambahnya.

baca juga: Kalla : Bank Mutiara Harus Dijual Berapa pun Harganya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.