Dahlan: Jonan Sebelum Jadi Dirut KAI Susah Senyum

Kompas.com - 14/12/2014, 10:11 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA TRIBUN NEWS / DANY PERMANAMenteri Perhubungan Ignasius Jonan, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Ignasius Jonan bisa jadi identik dengan perubahaan total PT KAI (Persero).

Tapi siapa sangka, pria yang kini menjabat Menteri Perhubungan RI dulunya dikenal susah senyum sebelum menjabat Dirut KAI. Ini dibeberkan Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN.

"Jonan sebelum jadi Dirut KAI susah senyum. Maklum dia kan pekerja di akunting. Tapi waktu diangkat menjadi Direktur Utama, saya minta banyak senyum," kata Dahlan saat penganugerahan Marketeer of The Year 2014 di Ballroom Ritz, Kamis (11/12/2014) lalu.

Dahlan menyebut, tiga bulan setelah menjabat Dirut PT KAI, Jonan mengirim foto tersenyum kepadanya. "Tapi saya jawab senyumnya kurang. Baru 40 persen," katanya.

Lantas Jonan kembali mengirim foto tersenyum tapi bos Jawa Pos itupun mengungkapkan masih kurang. Nilainya baru 70 persen.

"Nah, baru tiga bulan berikutnya kirim lagi dan saya nilai jadi 100 persen. Foto yang dikirim yang menjadi sampul buku tentang Jonan," kata Dahlan.

Dalam kesempatan yang sama, Jonan mengaku Dahlan Iskan lah yang mengajarinya untuk tersenyum.

"Waktu pak Dahlan jadi Menteri BUMN meminta saya memang tersenyum kalau jadi CEO, padahal kalau di PT KAI tersenyum seperti orang gila. Karena yang mengatakan bos, saya bilang siap saja," katanya.

Kini senyum Jonan pun mendapatkan apresiasi sang istri. "Waktu dilantik jadi Menteri, istri saya bilang bahwa senyum udah lumayan," kata Jonan yang disambut tawa. (Eko Sutriyanto)

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X