Kejar Swasembada, Mentan Dorong Petani Gunakan Benih Unggul dari IPB

Kompas.com - 21/01/2015, 15:24 WIB
Sawah di Tegallalang, Ubud, Gianyar, Bali. ShutterstockSawah di Tegallalang, Ubud, Gianyar, Bali.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman serius mengejar target swasembada padi dalam tiga tahun mendatang. Selain merencanakan rehabilitasi irigasi di 3 juta hektar lahan selama tiga tahun, Amran menuturkan, pemerintah akan meningkatkan kualitas benih petani.

“Benih yang ada di lapangan saat ini bukan benih unggul. Hanya lima persen benih unggul yang digunakan,” kata dia dalam rapat badan anggaran DPR-RI, Rabu (21/1/2015).

Dia bilang, saat ini sudah ada benih unggul yang dihasilkan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian. Benih unggul tersebut bisa memproduksi sampai 10 ton per hektar.

Sementara itu, rata-rata benih yang digunkan para petani saat ini rata-rata produksinya hanya 5,1 ton per hektar. “Kalau kita menggunakan 20 persen saja benih yang produksinya 10 ton per hektar itu, berarti produksi padi kita bisa dua kali lipat,” kata Amran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X