Kompas.com - 06/02/2015, 18:21 WIB
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menilai gaji direktur jenderal pajak (dirjen pajak) yang akan naik hingga Rp 100 juta per bulan adalah sesuatu yang layak. Menurut dia, gaji sebesar itu sesuai dengan beban tugas berat yang diemban seorang dirjen pajak. "Saya kira worth it gaji Rp 100 juta dengan tugasnya," komentar Mardiasmo singkat, saat ditemui di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Asal tahu saja, target penerimaan pajak dipatok sebesar Rp 1.244,7 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015. Tugas yang dinilai cukup berat. Sebab, menurut Mardiasmo, setidaknya setoran yang harus diberikan dirjen pajak tiap hari minimal Rp 5,2 triliun.

Mardiasmo menambahkan, kenaikan remunerasi dan gaji dirjen pajak diharapkan menjadi motivasi untuk lebih fokus dalam mengejar target setoran tersebut. Walau begitu, mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu enggan membeberkan masa pemberlakuan kenaikan gaji dirjen pajak, termasuk gaji semua karyawan Ditjen Pajak Kemenkeu.

"Dirjen pajak enggak boleh merangkap ke mana-mana. Jadi, fokus saja mengoptimalisasi pajak. Pikirannya 24 jam penuh untuk pajak. Ibaratnya, kemampuannya, pikirannya, supaya nggak nyari tambahan lain," tandas Mardiasmo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.