"Digitalisasi" 18 Pelabuhan, Telkom Siapkan Rp 90 Miliar

Kompas.com - 18/02/2015, 17:20 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung terciptanya poros maritim Indonesia. Untuk keperluan itu, BUMN ini siap merogoh Rp 90 miliar untuk membantu digitalisasi infrastruktur teknologi informasi di 18 pelabuhan di Indonesia tahun 2015.

"Tahun ini, untuk 18 pelabuhan itu capex (capital expenditure/belanja modal) mencapai Rp 90 triliun," ujar Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaludin di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia mengatakan, ke-18 pelabuhan itu di antaranya Pelabuhan Banda Aceh, Pelabuhan Pangkal Pinang, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Padang, Pelabuhan Cilacap, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Pontianak, Pelabuhan Palangkaraya, Pelabuhan Maliy, Pelabuhan Lombok, Pelabuhan Kupang, dan Pelabuhan Bitung.

Ada juga Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Halmahera, Pelabuhan Jayapura, dan Pelabuhan Merauke. Selain itu, Telkom juga akan melakukan revitalisasi 100 kampung nelayan dan penyediaan fasilitas telekomunikasi di 25 pulau terluar.

Pada tahun 2014 lalu, Telkom sudah melakukan implementasi Broadband Port dengan layanan Connectivity dan ICT untuk enam pelabuhan yaitu Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar, dan Pelabuhan Sorong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.