Pelabuhan Indonesia Pakai Telepon Kabel, di Luar Negeri Sudah Multimedia Digital Generasi Keempat

Kompas.com - 18/02/2015, 19:18 WIB
Ilustrasi: kegiatan bongkar muat di pelabuhan TRIBUN JATENG / WAHYU SULISTIYAWANIlustrasi: kegiatan bongkar muat di pelabuhan
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara maritim dengan dua per tiga wilayahnya adalah perairan. Tapi, dalam urusan sistem teknologi informasi di pelabuhan, Indonesia jelas sudah sangat sangat tertinggal.

"Di pelabuhan kita ini masih telepon kabel, sementara pelabuhan di luar negeri sudah multimedia digital generasi keempat," ujar Direktur Lalu Lintas Laut Kementerian Perhubungan Harry Boediarto dalam acara launching pagelaran Broadband Port tahun 2015 di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia menjelaskan, dampak ketertinggalan teknologi informasi di pelabuhan bisa sangat parah. Bahkan, waktu sandar kapal di pelabuhan bisa sangat lama akibat tak memadainya teknologi informasi.

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Priok bisa menjadi contoh nyata bagaimana penerapan teknologi informasi bisa berdampak positif. Setelah adanya infrastruktur informasi di Pelabuhan Tanjung Priok, waktu sandar kapal menjadi relatif lebih cepat.

Oleh karena itu, dia menyambut baik kerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di 18 pelabuhan di Indonesia. Dia pun berharap, dengan adanya kerjasama dengan Telkom maka teknologi informasi di pelabuhan bisa sekaligus mendukung Indonesia menjadi poros maritim dunia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X