Jokowi Minta Tol Sumatera Dibangun April Ini

Kompas.com - 05/03/2015, 15:19 WIB
Presiden Joko Widodo KOMPAS.com/Indra AkuntonoPresiden Joko Widodo
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera bisa segera dimulai maksimal April 2015. Hal ini disampaikan dalam Rapat Terbatas yang dihaditi Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum, Rini Soemarno, Menteri BUMN, Adrinof Chaniago,  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan, Alex Nurdin, Gubernur Sumatera Selatan, dan Ridho Ficardo di Kantor Presiden, Kamis (5/3/2015).

Jokowi mengatakan, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera perlu segera dilakukan. "Tiga bulan lalu telah kami lihat di lapangan perlunya tol tersebut maka itu kami perintahkan segera dimulai," kata Jokowi.

Sementara itu Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beberapa waktu lalu mengatakan siap memulai pembangunan proyek Tol Trans Sumatera. Saat ini, semua persiapan yang diperlukan untuk pembangunan ruas jalan tol tersebut sudah siap, khususnya di ruas Bakauheuni- Palembang sudah siap. Salah satunya,  persiapan lahan.

Basuki mengatakan berdasarkan data perkembangan pembebasan lahan yang dimilikinya sampai saat ini sejumlah lahan yang diperlukan untuk pembangunan ruas jalan Tol Trans Sumatera sudah berhasil dibebaskan. Salah satunya, lahan dii ruas Kayu Agung- Palembang- Betung.

Saat ini, lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol di ruas tersebut sudah berhasil bebas 100 persen. “Untuk ruas lain akan dibebaskan oleh gubernur Lampung dan Sumatera Selatan dan kami sudah siapkan anggaran Rp 110 miliar untuk membantu pembebasan lahan tersebut,,” kata Basuki Senin (23/2/2015) lalu. (Agus Triyono)



Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X