Kompas.com - 28/05/2015, 13:43 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tengah meninjau persiapan Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong (BB GR) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 Nasional 2015, Rabu (27/5/2015).   Dok KementanMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tengah meninjau persiapan Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong (BB GR) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 Nasional 2015, Rabu (27/5/2015).
Penulis Latief
|
EditorLatief
MANADO, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meninjau persiapan acara puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong (BB GR) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 Nasional 2015. Acara tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo di Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabuptaen Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Pada kesempatan tersebut Mentan juga mendatangi pameran produk hasil pertanian dan perkebunan seluruh provinsi di Indonesia. Mentan mengaku puas melihat matangnya kondisi persiapan pameran yang digelar di lahan percontohan perkebunan hortikultura dan perikanan.

"Apa yang dihasilkan dari lahan percontohan ini sangat bagus. Produk hortikulturanya bagus, hasil tambak ikannya juga bagus. Ini akan sangat bermanfaat karena bisa diterapkan di seluruh Sulawesi Utara atau untuk daerah lainnya," ujar Mentan Amran di sela peninjauannya, Rabu (27/5/2015).

Selain itu, Mentan Amran juga meninjau alat mesin pertanian (alsintan) yang akan diserahkan ke petani dari dana refokusing APBN dengan rincian bantuan luas tanah 520.236 hektar, untuk irigasi 48.000 hektar, optimasi lahan 27.800 hektar, traktor 44 unit, pompa air 35 unit, sarana produksi jagung 6.000 hektar, alat pemipil jagung 12 unit, vertical dryer 12 unit, dan sarana produksi kedelai 7.500 hektar.

Adapun dari APBNP perbaikan irigasi 5.600 hektar, optimasi lahan 3.200 hektar, traktor roda dua 125 unit, pompa air 40 unit, alat penen 32 unit, perontok padi 40 unit, pengering padi 3 unit, penggiling padi 25 unit, sarana produksi jagung 67.000 hektar, alat pemipil jagung 83 unit, dryer jagung 14 unit, dan sarana produksi kedelai 10.000 hektar.

"Saya melihat persiapannya sudah bagus, semua yang akan dipamerkan juga bagus-bagus. Saya yakin Bapak Presiden akan senang melihat ini," ujarnya.

Pada kunjungan ke Minahasa Utara kali ini Mentan didampingi anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Olly Dondokambey, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Binarko Sugihantyo, Dandim 1309/Manado Letkol Kav Dino Martino, Kapolda Sulawesi Utara Brigjen Pol Wilmar Marpaung, dan Putri Pariwisata Indonesia 2015 Gresya Amanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.