Jasa Marga: Sekarang Jalan Tol Sudah Jadi Tempat Parkir Terpanjang

Kompas.com - 28/05/2015, 18:08 WIB
Kondisi jalan tol dalam kota (kiri) dari arah Cawang menuju Semanggi yang tengah dilanda kemacetan, Kamis (23/4/2015). Pada waktu yang sama, kondisi jalan reguler, yakni Jalan MT Haryono (kanan) justru tampak lengang. Hal ini kemungkinan besar karena sedang dilakukannya pengalihan arus di Jalan Gatot Subroto yang sedang digunakan delegasi peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) melintas dari tempat penginapan ke lokasi tempat berlangsungnya acara di Jakarta Convention Center. Kompas.com/Alsadad RudiKondisi jalan tol dalam kota (kiri) dari arah Cawang menuju Semanggi yang tengah dilanda kemacetan, Kamis (23/4/2015). Pada waktu yang sama, kondisi jalan reguler, yakni Jalan MT Haryono (kanan) justru tampak lengang. Hal ini kemungkinan besar karena sedang dilakukannya pengalihan arus di Jalan Gatot Subroto yang sedang digunakan delegasi peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) melintas dari tempat penginapan ke lokasi tempat berlangsungnya acara di Jakarta Convention Center.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menilai, peran tol di Jabotabek sebagai jalan bebas hambatan sudah tak lagi ideal karena tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Bahkan, dia mengatakan, jalan tol saat ini layaknya tempat parkir.

"Sekarang ini jalan tol sudah menjadi tempat parkir terpanjang," kata Adityawarman saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Dia mencontohkan, salah satu tol yang saat ini sangat dipadati kendaraan adalah Tol TB Simatupang, Jakarta Selatan. Seharusnya, kata Adityawarman, volume to capacity ratio atau rasio volume lalu lintas terhadap kapasitas jalan adalah 0,8. Namun, saat ini rasio volume jalan tol sudah melampui angka itu.

Oleh karena itu, dia berharap, pembangunan jaringan tol lingkar luar kedua dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 bisa mengurangi kepadatan di beberapa ruas tol dalam kota.

Dia pun meminta agar DPR ikut berperan serta dalam membantu pengembangan sistem jaringan jalan tol di Jabotabek yang sudah terlalu padat dengan kendaraan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X