Pekan Ini Seluruh "Rest Area" di Tol Cipali Beroperasi

Kompas.com - 30/06/2015, 14:51 WIB
Ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Subang, Jawa Barat, Kamis (18/6/2015). Tol Cipali yang merupakan ruas jalan tol terpanjang di Indonesia yakni 116,75 kilometer tersebut mulai beroperasi, diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa hingga 60 persen. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMORuas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Subang, Jawa Barat, Kamis (18/6/2015). Tol Cipali yang merupakan ruas jalan tol terpanjang di Indonesia yakni 116,75 kilometer tersebut mulai beroperasi, diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa hingga 60 persen.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna mengantisipasi kelelahan yang mungkin bakal dialami para pemudik, pemerintah mempercepat pengoperasian area istirahat (rest area) di tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono memastikan, pekan ini kedelapan rest area di tol Cipali sudah bisa beroperasi. Namun, tidak seluruh fasilitas dalam rest area tersebut bisa digunakan.

“Minggu ini akan beroperasi ke-delapan rest area tersebut, tapi mungkin restorannya belum ada. Tapi yang jelas musholla, toilet, dan SPBU akan beroperasi semuanya di delapan rest area,” kata Basuki, Jakarta, Senin (30/6/2015).

Menurut Basuki, Kementerian PU-Pera melalui Direktorat Jenderal Binamarga telah mendapat komitmen dari operator jalan tol Cipali bahwa ke-delapan rest area tersebut siap dioperasikan pekan ini. “Kamis nanti, Komisi V DPR-RI mau ninkau sana, kita mau lihat,” sambung Basuki.

Tol dengan panjang mencapai 116,7 kilometer tersebut memiliki total 8 rest area dengan pembagian 4 rest area tipe A, atau yang berukuran besar dan terdapat stasiun pompa bensin, serta 4 rest area tipe B, atau berukuran kecil tanpa stasiun pompa bensin.

Empat rest area dari arah Cikopo-Palimanan tersebar di KM 86 600 (tipe B), KM 102 300 (tipe A), KM 130 700 (tipe B), dan KM 164 700 (tipe A). Sedangkan dari arah sebaliknya, empat rest area tersebar di KM 166 700 (tipe A), KM 130 700 (tipe B), KM 102 800 (tipe A), serta KM 86 600 (tipe B).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X