Kompas.com - 10/08/2015, 08:25 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Jepang kembali menegaskan keinginannya untuk untuk menggarap proyek kereta api supercepat Jakarta-Bandung.

Keinginan itu disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dengan Penasehat Khusus PM Jepang Dr. Hiroto Izumi, Senior Managing Director JBIC Tadashi Maeda, serta Vice President of Japan International Cooperation Agency (JICA) Kiyoshi Kodera.

“Jepang menyatakan sangat berminat untuk melaksanakan proyek Shinkansen dan telah membuat feasibility study dengan menawarkan pembiayaan murah yang diiringi dengan pengembangan SDM, pengadaan barang sebagian dari Indonesia, serta alih teknologi bagi Indonesia,” ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dalam siaran persnya, Minggu (9/8/2015).

Mendag Rachmat juga berkesempatan langsung mengunjungi Japan Transport Engineering Company untuk melihat proses pembuatan Shinkansen. Pabrik tersebut ternyata mempekerjakan 17 tenaga muda Indonesia untuk membangun Shinkansen seri terbaru (E7). Ini membuktikan bahwa Jepang serius dalam membangun SDM dan alih teknologi.

Seperti diberitakan, Jepang dan China saat ini tengah bersaing untuk memenangkan proyek tersebut. (Handoyo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.