Video: Hewan Kecil Ini Bisa Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah

Kompas.com - 19/08/2015, 16:35 WIB
Budidaya Semut KOMPAS TVBudidaya Semut
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
– Hewan kecil ini seakan-akan ditemukan di mana pun dan kapan pun. Apalagi bila terdapat gula, niscaya mereka langsung bergerombol mendekatinya. Tak banyak orang menyukai semut lantaran terkadang suka mengganggu. Namun, di tangan seorang Maulana Firza Mahesa, semut ternyata mampu mendatangkan omzet jutaan rupiah.

Ia mengembangbiakkan semut dalam sebuah toples. Tujuannya untuk menghasilkan telur yang biasa disebut kroto. Nantinya, kroto akan dijual ke pemasok.

Maulana memilih terjun ke dunia bisnis daripada bekerja di tempat orang lain. Membudidayakan semut menjadi pilihannya saat itu.

“Awalnya riset dulu. Ternyata, masyarakat membutuhkan kroto dalam jumlah banyak sehingga terpikir mengapa enggak coba saja budidaya kroto,” tutur lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini.

Dengan modal Rp 3 juta, Maulana memulai usahanya sekitar satu setengah tahun yang lalu. Awalnya, ia hanya memiliki beberapa toples, sehingga hasilnya belum signifikan. Baru sekitar empat bulan kemudian, ia mulai meraup keuntungan. Hingga saat ini, setidaknya ada seribu toples semut miliknya.

Semut-semut peliharaannya menghasilkan banyak kroto yang siap dijual ke pemasok dengan harga jual Rp 200.000 per kilogram. Dengan masa panen kroto setiap dua puluh satu hari, omzet yang diterima Maulana setiap bulannya bisa mencapai Rp 200 juta.

Setiap usaha tentu memiliki kesulitan dan tantangan. Namun, dengan ketekunannya, Maulana mampu mengatasi permasalahan yang timbul.

“Budidaya kroto ini kan bisnisnya dengan makhluk hidup. Nah, banyak pengetahuan yang masih belum dipahami sehingga kita beradaptasi sama berinovasi sajalah,” tuturnya.

Menurut Maulana, budidaya semut masih memiiki prospek yang cerah, bahkan peluangnya sangat luas karena kebutuhan kroto di masyarakat cukup besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.