Indonesia Masih Butuh Tangki Penyimpanan 3,06 Juta KL

Kompas.com - 25/09/2015, 21:18 WIB
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memperkirakan kebutuhan tangki penyimpanan (storage) bahan bakar minyak (BBM) untuk mencapai cadangan operational 30 hari adalah berkapasitas 7,02 juta kilo liter (KL). Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, sampai 2025 dibutuhkan tangki penyimpanan berkapasitas sampai 7,02 juta KL. "Sementara kemampuan saat ini 3,96 juta KL. Jadi, diperlukan penambahan 3,06 juta KL," kata Wianda di Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Pembangunan tangki penyimpanan merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah No.79 tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN). Wianda menuturkan, saat ini Indonesia baru memiliki cadangan operasional antara 17-19 hari. Padahal di luar itu, seharusnya masih ada cadangan penyangga energi (CPE) dan cadangan strategis.

Pertamina, tutur Wianda, mencari strategi untuk meningkatkan cadangan operasional sampai 30 hari. "Cadangan operasional disediakan badan usaha untuk menjamin kontinuitas pasokan. Baik di kapal, depot, maupun kilang Pertamina," kata dia.

Sementara itu, cadangan penyangga energi bersifat nasional dan menjadi domain pemerintah lantaran digunakan pada saat krisis dan darurat. "Di luar itu ada cadangan strategi sifatnya jangka panjang untuk kebutuhan atau keadaan darurat," imbuh dia.

Wianda mengatakan, kebutuhan dana untuk membangun tangki penyimpanan 3,06 juta KL mencapai 1,23 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 17,84 triliun (kurs Rp 14.500). Wianda menambahkan, tidak tertutup kemungkinan Pertamina membuka kesempatan bagi mitra strategis dalam pembangunan tangki tersebut. Saat ini Pertamina baru melakukan pemetaan (mapping). Tapi, dia masih belum mau memberikan bocoran kapan beauty contest akan digelar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.