Dukung UKM, Bogasari Siapkan Pelatihan untuk Ribuan Orang

Kompas.com - 02/10/2015, 10:46 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah situasi ekonomi yang sedang mengalami perlambatan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan usaha para UKM makanan, termasuk melahirkan para UKM baru.

Ivo Ariawan Budiprabawa, Vice Presindent Sales Area 3 Bogasari, menyebutkan,  salah satu bentuk komitmen yang dilakukan Bogasari adalah program edukasi usaha. Di antaranya melalui Bogasari Expo yang rutin dilakukan di berbagai kota setiap tahunnya.

”Di Bogasari Expo, masyarakat akan belajar banyak hal, termasuk mengikuti Kelas Pelatihan (Baking Class) yang mampu menampung sampai 3.240 orang. Ada 60 materi resep yang sudah disiapkan dan akan diajarkan para baker dari Bogasari Baking Center (BBC),” ucap Ivo dalam siaran persnya yang diterima pada Jumat (2/10/2015).

Ivo menyebutkan,  UKM terbukti tangguh menghadapi krisis, seperti yang terbukti pada masa kriss 1998.  "Ini yang juga dibuktikan para UKM makanan yang memakai terigu Bogasari dan notabene mayoritas pelanggan Bogasari atau sekitar 65  persen adalah para UKM," ucapnya.

Karena itulah, kanjut dia, Bogasari terus meningkatkan kemitraan dengan UKM lewat berbagai program, termasuk diantaranya program keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC) yang diluncurkan 13 tahun yang lalu.  Sampai saat ini, keanggotaan UKM di Bogasari Mitra Card sudah mencapai angka 51.000 UKM.

Untuk tahun ini, sebut dia, Bogasari Expo 2015 digelar di  Medan dan Surabaya dengan mengangkat tema ”Korean Donut”.  Di Medan sudah berlangsung tanggal 18-20 September lalu. Sedangkan di Kota Surabaya akan berlangsung selama 3 hari, tanggal 2-4 Oktober.

Bogasari Expo mengusung 3 konsep sekaligus, yakni Edukasi, Eksibisi, dan Rekreasi. Lewat kegiatan Bogasari Expo 2015 ini, para UKM diberi kesempatan untuk belajar resep yang nantinya bisa menjadi peluang usaha baru.  Di saat yang sama, produk para UKM juga diperkenalkan kepada masyrakat pengunjung Bogasari Expo yang ditargetkan mencapai 50.000 orang.

”Masyarakat yang baru mau merintis usaha, pastinya juga bisa mengikuti kelas pelatihan ini. Untuk mengikuti kelas pelatihan, pengunjung cukup hanya membayar Rp 45.000 . Ada 10 kelas yang disiapkan Bogasari dengan kapasitas 18 orang karena konsep pelatihan semi hands on.  Selama 3 hari, di setiap kelas terdapat 6 sesi dan 6 resep berbeda,” tambah Ivo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.