Konferensi Nasional ISKI Angkat Masalah Komunikasi di Indonesia

Kompas.com - 09/10/2015, 15:36 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) akan menggelar Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) 2015 di Solo, 11-13 Oktober 2015 dengan tema "Kedaulatan Komunikasi: Konsep, Kerangka Kerja, Kreativitas Karya Kaya Kultur".

Tema dalam konferensi tersebut didasari pentingnya kedaulatan komunikasi yang memiliki karakter bangsa yang kuat dan kreatif, di tengah era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

"Kegiatan KNK adalah kontribusi nyata para akademisi dan praktisi komunikasi bagi kedaulatan komunikasi di Indonesia," kata Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si sebagai Ketua Panitia Konferensi Nasional Komunikasi ISKI 2015 dalam keterangan persnya.

Ia mengatakan, KNK 2 ISKI 2015 merupakan inisiatif insan komunikasi terhadap persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini khususnya dalam berkomunikasi.

Sebagai contoh kemunculan internet yang saat ini menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi ini merupakan target dari ekspansi dan kolonisasi berikutnya dari modal besar atau dari perusahaan mainstream media yang dimiliki oleh sejumlah konglomerasi industri media.

Selain itu, dalam bidang politik, elite bertengkar di ruang publik, saling menyerang, dengan berusaha mencari kesalahan lawan. Komunikasi politik yang dibangun oleh elite bukan menjadi pendidikan politik namun sebaliknya, membuat warga semakin muak dengan politik. Bahkan ada elite yang sering berkata-kata tak sopan, kasar di hadapan publik.

Di bidang media massa terutama televisi, pengelola memilih tayangan dengan mendewakan
rating tinggi namun minim edukasi bagi publik. Mereka cenderung mementingkan pencarian
keuntungan walau kontennya tak mendidik.

Acara yang akan dihadiri oleh ratusan akademisi dan praktisi di di bidang komunikasi dari
seluruh Indonesia, akan dibuka dengan Jalan Bareng Komunikasi pada Minggu pagi (11/10/2015) yang diikuti oleh para akademisi komunikasi dan warga. Kemudian dilanjutkan dengan Workshop Jurnal pada siang hari.

Dalam pembukaan Konferensi Nasional Komunikasi, Senin (12/10/2015), Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Rudiantara serta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan hadir sebagai keynote speaker. Dalam acara Malam Anugerah Komunikasi yang dijadwalkan pada hari yang sama. Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Rudiantara dan ISKI akan memberikan penghargaan komunikasi kepada sejumlah tokoh yang dinilai memberi contoh yang baik dalam berkomunikasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X