Kemendag: Pedagang Harus Kenali Pemasok Barangnya

Kompas.com - 06/11/2015, 19:21 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA,KOMPAS.com - Direktur Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK), Widodo mengingatkan pedagang agar lebih mengenali pemasok barang dagangannya dengan baik.

Penegasan ini disampaikan saat melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 72/M-DAG/PER/9/2015 dan Permendag No. 73/M-DAG/PER/9/2015, Jumat,(6/11/15) di LTC Glodok, Jakarta Pusat.

"Pelaku usaha harus taat dan patuh pada ketentuan, baik yang terkait perlindungan konsumen dan kepabeanan, maupun ketentuan lainnya seperti kewajiban label berbahasa indonesia,SNI, dan kewajiban mengenai indentitas pemasok barang yang diperdagangkan," kata Widodo.

Pelaku usaha wajib mengetahui identitas pemasok barang yang diperdagangkan, seperti nama, alamat lengkap produsen, importir, distributor, subdistributor atau pemasok lainnya.

"Kewajiban kepemilikan Surat Pendaftaran Barang (SPB) pada saat barang memasuki wilayah Indonesia sudah ditiadakan, tetapi itu harus memiliki Nomor Pendaftaran Barang (NPB), yang sifatnya tidak transaksional," kata dia.

Dalam sosialisasi ini, Dirjen SPK Widodo juga menggandeng Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan, Bareskrim Mabes Polri, dan Polda Metro Jaya.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ketentuan perlindungan konsumen, pengawasan barang beredar, dan penegakan hukum sebagai upaya menindaklanjuti mandat dalam memberantas penyelundupan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.