Berwirausaha Cukup Bermodal Nyali? Enak Saja!

Kompas.com - 20/11/2015, 05:31 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Seberapa besar nyali harus Anda kumpulkan untuk mulai berwirausaha? Apa yang perlu Anda siapkan?

Rhonda Abrams, pakar rencana bisnis dari Amerika Serikat punya sejumlah kunci jawabannya. Dia bilang, bukan hanya nyali saja yang dibutuhkan untuk mulai berwirausaha.

"Tapi (juga) rencana dan aksi," katanya.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (11/11/2015), Abrams merinci kunci-kunci itu dan merujuk pada pengalamannya menggeluti perencanaan bisnis. Jasa dan sarannya sudah terbukti oleh jutaan perintis bisnis di sana.

Berikut sejumlah kunci memulai berwirausaha ala Abrams:

Temukan peluang   

Hal pertama harus dicari oleh pebisnis, lanjut Abrams, adalah peluang. Mata pebisnis harus jeli menangkap peluang di segala segmen melalui pertimbangan tren industri, demografi, keunikan, dan keterbatasannya.

Setelah itu, kerja berikutnya adalah menyusun rencana. Jangan ada satu pun yang terlewat.

"Rencana, rencana, dan rencanakan kembali. Tapi, jangan lupa untuk mengukur tujuan, lalu evaluasi kembali rencana yang telah dibangun. Kemudian, atur deadline," ujar Abrams.

Hal yang tak boleh dilupakan berikutnya adalah belajar dari kendala selama proses menemukan peluang. Cobalah melihat sesuatu dari beberapa sudut pandang untuk membentuk inovasi baru. 

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X