OJK Targetkan Seluruh Siswa di Indonesia Punya Rekening Bank

Kompas.com - 12/12/2015, 11:47 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
MATARAM, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan seluruh siswa sekolah di Indonesia memiliki rekening di bank.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menjelaskan para siswa semakin mudah membuka rekening bank seiring dengan dijalankannya program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) dan Simpanan Pelajar (Simpel).

"Dengan rekening itu, jika sewaktu-waktu pemerintah memiliki program bantuan untuk siswa, nanti dananya tidak lagi diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan langsung masuk ke rekening para siswa," ujarnya Sabtu (12/12/2015).

Muliaman menjelaskan saat ini para siswa sekolah sudah bisa memanfaatkan Simpel yang disediakan oleh perbankan. Dengan setoran awal minimal Rp 1.000, para siswa bisa menabung uang yang mereka miliki.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama BRI Syariah Mochamad Hadi Santoso menuturkan pihaknya menyediakan produk tabungan Simpel syariah yang bisa dimanfaatkan para siswa untuk menabung.

Sejauh ini sudah 281 sekolah yang telah digandeng oleh BRI Syariah dengan jumlah rekening mencapai 71.778 rekening dan volume tabungan Rp 670 juta.

"Seiring dengan Laku Pandai, nanti para siswa juga akan dengan mudah menabung dan menarik dana di agen-agen," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.