Fahri Hamzah Tagih Janji Presiden Jokowi Investigasi Kasus Freeport

Kompas.com - 12/01/2016, 20:08 WIB
Tambang terbuka PT Freeport Indonesia, di Grasberg, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika merupakan tambang terbuka terbesar di dunia. Dalam operasinya  PT Freeport Indonesia mengoperasikan puluhan haul truk untuk mengangkut material tambang dengan kapasitas angkut 240 ton hingga 320 ton. Alfian KartonoTambang terbuka PT Freeport Indonesia, di Grasberg, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika merupakan tambang terbuka terbesar di dunia. Dalam operasinya PT Freeport Indonesia mengoperasikan puluhan haul truk untuk mengangkut material tambang dengan kapasitas angkut 240 ton hingga 320 ton.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menagih janji Presiden Joko Widodo untuk menginvestigasi pada kasus Freeport lebih jauh.

Salah satunya, dengan mendukung pembentukan panitia khusus hak angket PT Freeport.

"Saya mendorong semua ketua partai politik, terutama presiden dan wapres yang pernah berjanji untuk mendukung investigasi pada kasus freeport ini," ujar Fahri Hamzah Selasa (12/1/2016).

Hingga saat ini, kata Fahri, anggota DPR yang setuju dan menandatangani jumlahnya sudah banyak. Namun, restu dari ketua partai hingga kini masih jadi ganjalan.

"Di tingkat DPR sudah banyak yang menandatanganj, cuman kalo tidak ada restu dari ketua partai kan jadi repot ini," ujar Fahri.

Fachri mengaku, hingga saat ini dia belum melihat adanyaa ketegasan dan keberanian dari berbagai pihak. Hal ini lah yang menjadi alasan pembentukan pansus hak angket Freeport ini menjadi molor.

"Saya mau jadi inisiator, tapi sebagai pimpinan dewan saya tidak bisa terlalu turun ke bawah. Maka saya usulkan ini seperti waktu kasus Century," jelas Fahri.

Jika memungkinkan, dia bahkan berharap, pekan depan surat sudah bisa ditandatangani dan dibawa ke rapat Paripurna.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X