Teknologi Sistem Navigasi Udara Indonesia Kini Setara dengan Singapura

Kompas.com - 16/01/2016, 10:43 WIB
Menteri Perhubungan Iganasius Jonan di ruang Area Control Center Bandara Internasional Sokearno-Hatta, Sabtu (11/7/2015). Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.comMenteri Perhubungan Iganasius Jonan di ruang Area Control Center Bandara Internasional Sokearno-Hatta, Sabtu (11/7/2015).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
MAKASSAR, KOMPAS.com — Teknologi sistem navigasi udara yang digunakan di Indonesia kini sama dengan yang digunakan Singapura dan negara-negara tetangga lain.

Salah satunya adalah teknologi sistem navigasi yang digunakan oleh Makassar Air Traffic Service Center (MATSC).

Pada Sabtu (16/1/2016) pagi ini, penggunaan teknologi yang dinamakan sistem Top Sky itu diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, di Kantor MATSC, yang berlokasi di kawasan Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Jonan dalam sambutannya mengatakan, dunia penerbangan Indonesia tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini membuat jumlah frekuensi penerbangan dan penumpang angkutan udara mengalami peningkatan.

"Peningkatan jumlah frekuensi penerbangan ini tentu harus diiringi dengan peningkatan layanan navigasi penerbangan. Ini penting untuk memastikan tingkat keamanan dan keselamatan penerbangan tetap terjaga," ujar Jonan.

Jonan mengatakan, sistem Top Sky ini sudah mendukung format baru rencana penerbangan (flight plan) sesuai ketentuan The International Civil Aviation Organization (ICAO) sebagai organisasi sipil penerbangan dunia.

Sistem lama yang digunakan, Eurocat, belum bisa mendukung format baru flight plan sesuai ketentuan ICAO sehingga harus menggunakan konverter.

Peresmian tersebut dihadiri pula Direktur Utama Airnav Indonesia atau Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Bambang Tjahjono.

Bambang menjelaskan, penggunaan sistem Top Sky di MATSC sudah dimulai sejak 21 Desember 2015 lalu.

Penggunaan sistem baru ini, kata dia, merupakan bagian dari upaya Airnav Indonesia untuk dapat meningkatkan layanan kepada pengguna jasa navigasi penerbangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X