Hari Ini 17 Tahun Lalu, Reebok Rumahkan 3.000 Pekerja di Indonesia

Kompas.com - 09/02/2016, 08:00 WIB
EditorTri Wahono
Situasi ekonomi dunia yang mempengaruhi iklim investasi di Indonesia bukan hanya kali ini terjadi. Harian Kompas edisi 9 Februari 1999 melaporkan rencana Reebok merumahkan ribuan pekerja pabrik di Indonesia.

Perusahaan sepatu Amerika Serikat, Reebok, memberhentikan 3.000 tenaga kerja Indonesia sejalan dengan rencana mengurangi produksi alas kaki itu di Indonesia.

Perusahaan telah mengumumkan rencana pengurangan produksi tersebut pada pertemuan luar negeri November lalu di New York.

Rencana pengurangan itu bukan didasarkan situasi politik dan ekonomi di Indonesia, tetapi karena perubahan permintaan pasar.

Reebok akan menutup satu dari lima perusahaan yang beroperasi di Jakarta dan Bandung saat itu.

Meski Reebok Indonesia masih akan mensuplai 25 persen pasar sepatu dunia, rencana itu berakibat pengurangan 3.000 tenaga kerja.

Kompas.com menyajikan informasi arsip peristiwa setiap pagi berdasarkan pemberitaan harian Kompas. Ikuti juga rubrik Arsip di harian Kompas setiap hari. Untuk berlangganan Harian Kompas, klik di sini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X