Bupati Tapanuli Utara Usulkan Ganti Nama Bandara Silangit Jadi Munson Lyman.

Kompas.com - 15/02/2016, 21:47 WIB
Pelajar SMA menarikan tortor atau manortor dalam ajang Festival Tumba dan Tortor di Desa Huta Nagodang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang berada tepat di tepian Danau Toba, beberapa waktu lalu. Lomba tortor bagi pelajar SMA dan tumba atau menari sambil menyanyikan lagu Batak bagi pelajar digelar sebagai promosi kekayaan budaya adat Batak. KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSOPelajar SMA menarikan tortor atau manortor dalam ajang Festival Tumba dan Tortor di Desa Huta Nagodang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang berada tepat di tepian Danau Toba, beberapa waktu lalu. Lomba tortor bagi pelajar SMA dan tumba atau menari sambil menyanyikan lagu Batak bagi pelajar digelar sebagai promosi kekayaan budaya adat Batak.
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar mengganti nama bandara Silangit menjadi Munson-Lyman.

"Saya usulkan menggunakan nama Munson-Lyman. Mereka adalah pelaku sejarah di tanah Batak," ujar Nikson di Jakarta Senin (15/2/2016).

Munson dan Lyman adalah misionaris asal Amerika Serikat yang pada tahun 1834 diutus oleh The American Board of Commissioners for Foreign Mission (ABCFM) di Boston untuk menyebarkan ajaran Kristen ke Sumatera.

Pada 17 Juni 1834 mereka berdua tiba di Sibolga dan menetap beberapa hari di sana.

Namun pada 28 Juni 1834, mereka ditangkap dan dibunuh oleh Raja Pintubosi

Menurut Nikson, dirinya ingin mengingatkan masyarakat dan generasi muda akan jasa-jasa nenek moyang.

"Kita ingin mengingatkan generasi muda bahwa ada peletak sejarah yang perlu dikenang. Dari mereka kita bisa belajar," ujar Nikson.

Namun Nikson mengatakan bahwa hal tersebut hanya sekadar usulan saja.

Adapun realisasinya tergantung kepada pemerintah, khususnya kementerian perhubungan. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X