Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergerakan IHSG Hari Ini Masih Dibayangi Tekanan Pelemahan

Kompas.com - 22/03/2016, 07:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali sesi perdagangan pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Senin (21/3/2016) ditutup melemah tipis sebesar 0,02 persen di level 4.885,16.

Perburuan saham INDY, TLKM dan PGAS mendorong sektor infrastruktur menguat 0,94 persen, sekaligus menjadi lokomotif pergerakan IHSG yang naik 0,55 poin.

Tercatat sebanyak 58,36 miliar saham dengan total nilai Rp 5,67 triliun telah diperdagangkan, dengan ratio transaksi 175:145.

Artinya, jumlah saham yang mengalami tekanan pelemahan harga lebih besar dari saham-saham yang membukukan keuntungan.

Investor asing di saat yang bersamaan membukukan total pembelian bersih sebesar Rp 368,40 miliar, dari akumulasi pembelian sejumlah saham unggulan seperti UNVR, LPPF, GGRM, dan AALI.

"Formasi tri-star bearish yang terbentuk di penghujung sesi perdagangan sore ini, mengindikasikan pergerakan IHSG esok masih akan dibayangi oleh tekanan pelemahan," ungkap T Heldy Arifien, Senior Technical Analyst PT Daewoo Securities Indonesia, kepada Kompas.com.

Dia memperkirakan IHSG akan bergerak mix-negatif dalam rentang 4.865-4.895, pada Selasa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com