Laba Uber di Seluruh Dunia Digunakan untuk Perkuat Bisnis di China

Kompas.com - 28/03/2016, 18:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

BOAO, KOMPAS.com - Penyedia transportasi berbasis aplikasi Uber Technologies Imc menyatakan menggunakan laba 1 miliar dollar AS setahun di 30 kota di seluruh dunia untuk membangun dan memperluas ekspansi di China.

Hal ini diutarakan oleh CEO Uber Travis Kalanick.

Bulan Februari lalu, Uber melaporkan kerugian lebih dari 1 miliar dollar AS setahun di China. Pasalnya, persaingan transportasi berbasis aplikasi di negara itu amat ketat dan Uber harus berlomba dengan beberapa pesaing besar guna merebut konsumen.

Kalanick menyatakan, China adalah pasar Uber yang paling intens namun sarat dengan ide-ide baru yang bisa diaplikasikan di negara-negara lain. Selain itu, menurut Kalanick, investasi di China sangat berkesinambungan.

"Kalau Anda menghitung 30 kota teratas kami, saat ini kota-kota itu menghasilkan laba sekitar 1 miliar dollar AS setahun, hanya di 30 kota. Laba tersebut berlipat ganda setiap tahunnya karena kami tumbuh. Kota-kota lainnya dari 400 kota di mana Uber beroperasi juga menguntungkan," jelas Kalanick.

Dengan demikian, laba tersebut membantu Uber untuk tetap berinvestasi di China. Berkat laba di seluruh dunia yang berhasil diraup Uber, kata Kalanick, pihaknya dapat terus eksis hingga jangka panjang.

Saat ini, pangsa pasar Uber di China tumbuh sangat pesat, naik dari kisaran 1 hingga 2 persen pada Januari 2015 lalu menjadi sekitar 30 persen saat ini. Valuasi bisnis Uber di China pada bulan Januari lalu pun melonjak menjadi lebih dari 8 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.