Pos Logistik Indonesia Tawarkan Solusi "e-Commerce" untuk UMKM

Kompas.com - 22/04/2016, 22:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

MATARAM, KOMPAS.com - CEO PT Pos Logistik Indonesia Yan Hendry Jauwena menyampaikan, pihaknya sudah menyiapkan program untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengalami kesulitan distribusi pemasaran serta pendanaan untuk pengembangan bisnis.

"Solusi e-commerce untuk UMKM, kami kerjasama dengan lembaga namanya Nurbaya Initiative. Ini platform yang mengumpulkan UKM sehingga bisa didaftarkan ke kantor pos. Sehingga UKM ini bisa listing di beberapa toko online," kata Yan dalam sosialiasi KUR di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (22/4/2016).

Lebih jauh dia bilang, pada saat UMKM yang listed di toko online melakukan transaksi, Pos Logistik Indonesia akan memotret transaksi tersebut. Dengan data-data transaksi ini, UMKM dibantu untuk mendapatkan permodalan.

"Selain itu, kami tawarkan sistem logistik," sambung Yan. Dengan jaringan kantor pos hingga 4.391 unit dan 35.347 sales points, PT Pos Indonesia (induk Pos Logistik Indonesia) menawarkan solusi logistik bagi UMKM, khususnya untuk kelancaran logistik dari desa ke kota, dan bahkan sampai ke cakupan global.

"Pembayaran juga selama ini menjadi kendala, kami layani dengan e-Payment. Shipping juga kendala, kami atasi dengan e-shipping," kata dia lagi.

Yan menambahkan, mungkin tidak banyak orang tahu bahwa PT Pos Indonesia kini semakin 'logistic-centric', menyusul perkembangan industri dan teknologi. Dia bilang, kantor pos ke depan akan makin didorong untuk pelayanan solusi logistik.

"Ada contoh kasus yang kami lakukan, kantor pos Mataram. Kita sudah mengeksekusi produk ke Eropa. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa PT Pos sudah mengirim kopi sebanyak 6 ton dari Mataram ke Eropa. Dan masih ada komoditas lain yang dilakukan kantor pos melalui Program Pos Ekspor," pungkas Yan.

Kompas TV WTO Gandeng Indonesia Kembangkan E-Commerce

Kompas TV 300 Perangko Gerhana Matahari Mulai Dijual
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.